Saturday 11 July 2015

Prestasi Semangat 46


Bank Negara Indonesia yang sejak didirikan tahun 1946 dan menjadi Bank pertama milik negara setalah kemerdekaan sampai saat ini telah mendapatkan begitu banyak prestasi dan pernghargaan. Prestasi dan penghargaan di sini menurut saya tidak hanya yang didapatkan dari award-award pemerintah tetapi juga dari nasabah-nasabah mereka. Saya sendiri senang sekali memakai kartu mahasiswa saya yang berbentuk ATM, kampus saya bekerja sama dengan BNI. Walau kini saya telah lulus kuliah saya masih memakai ATM itu karena tidak adanya biaya yang dipotong, saldonya bahkan bisa hingga nol rupiah. 

Ulang tahunnya yang ke 69, bank yang bersusia mendekati tujuh dasawarsa ini mengadakan berbagai lomba salah satunya lomba penulisan blog. Tentu ini dimaksudkan agar euforia ulang tahun BNI tidak hanya dirasakan oleh jajaran pihak BNI tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat. Tentu hal ini juga membuat masyarakat memberikan penghargaan tersendiri kepada Bank BNI.


Awalnya saya ragu untuk ikut, mengingat banyaknya bloger yang ikut serta setelah saya membaca beberapa yang sudah diunggah dan tulisan mereka bagus-bagus. 



Tetapi saya kemudian mendapatkan foto-foto yang diunggah oleh @BNI46 di twitter dan saya merasa semangat kembali untuk ikut. Ini adalah kesempatan yang diberikan oleh BNI dan saya menerimanya! Bukan hanya tentang transaksi bank, share kata-kata bijak seperti ini juga membuat akun BNI lebih dekat kepada nasabah dan masyarakat.


Selama libur lebaran BNI tetap melayani nasabah. Menurut saya ini juga prestasi loh. Semangat 46 buat staff-staff yang bertugas. Akan ada 111outlet BNI yang akan melayani setoran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan non-BBM dari Pertamina, setoran atau penarikan tunai dalam mata uang Rupiah di rekening BNI,serta pemindahbukuan dalam Rupiah maupun valuta asing.


Best Customer Service. Nah ini yang paling sering dikeluhkan oleh nasabah-nasabah, CSnya kurang ramahlah, cara pandangnya sinislah, kalau sudah dapat penghargaan seperti ini tentu sudah tidak diragukan lagi, jadi senang bertransaksi deh.

Inilah penghargaan dan prestasi-prestasi BNI lainnya:

ACHIEVEMENT 


Award 2009
  • GREEN LEADERSHIP AWARD 2009
    It is awarded to participant which has implemented energy efficiency, water conservation and recycling, developing green product, and incorporated an environment performance into their sustainable development strategy.
  • COMMUNITY ENGAGEMENT AWARD 2009
    It is awarded to participant which has programs to enhance the quality of life of the surrounding community, to give a better access to higher education for society, and other programs which involve the society in their business.

Award 2010
  • CORPORATE ACTION BEYOND GREEN WITH BICYCLE 2010 (FROM B2W COMMUNITY)
  • INDONESIA GREEN BANKING AWARD 2010 (SILVER)
  • GREEN LEADERSHIP AWARD 2010
  • COMMENDATION FOR FIRST TIME SUSTAINABILITY REPORTING ON ISRA AWARD 2010

 Award 2011
  • Shortlisted Nominee “Sustainable Bank of the Year 2011” Asia Pacific Category. BNI masuk dalam shortlisted nominees “Sustainable Bank of the Year 2011″ Kategori Asia Pasifik.  Penghargaan diberikan oleh Financial Times-International Finance Corporation pada 16 Juni 2011 di London Inggris.
  • Social Empowerment Award 2011. BNI memperoleh “Social Empowerment Award 2011” AREA Southeast Asia (Asia Responsible Entrepreneur Award – Southeast Asia). Penghargaan diberikan oleh AREA tanggal 10 Juni 2011 di Singapore.
  • Indonesia Green Award 2011. BNI memperoleh “Indonesia Green Award 2011” kategori Perbankan yang menjadi Penginspirasi Bumi melalui Visi Biru Aksi Hijau. Penghargaan diberikan oleh La Tofi School of CSR pada 28 September 2011 di Jakarta.
  • Indonesian CSR Award 2011 – Platinum. BNI memperoleh ICA Award 2011 Kategori Platinum di bidang Sosial untuk proyek CSR “Hutan BNI Kota Banda Aceh”. Penghargaan diberikan oleh CFCD (Corporate Forum for Community Development) pada 15 Desember 2011.


Award 2012
  • Sustainable Business Award 2012, 2 kategori: The Best State Owned Company dan Banking and Finance Champion
  • Indonesia Green Company Award 2012
  • SRI Kehati Award 2012   

Tahun 2014
  1. Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014. 
  2. The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014. 
  3. Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014. 
  4. The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service  dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014). 
  5. Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia  Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014). 
  6. The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014). 
  7. Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014). 
  8. Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014. 
  9. Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional  HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service. 
  10. Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014. 
  11. The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014. 
  12. The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014. 
  13. Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Reublik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut. 
  14. Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014. 
  15. Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014. 
  16. Gatot M. Suwondo  CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014. 
  17. The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia  Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.

Tahun 2015
  1. Best Remittance Provider 6 tahun berturut-turut. 
  2. Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut. 
  3. Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut. 
  4. Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities). 
  5. Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya. 
  6. Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency.
  7. Indonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Asiamoney. 
  8. Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015. 
  9. Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015. 
  10. Peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015. 
  11. The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, HongKong (14 April 2015).


Wah, banyak sekali prestasi yang telah diraih, semoga ke depannya BNI selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dengan semangat 46, raih prestasi dan terus berbagi. Terakhir, selamat ulang tahun ke 69.

Jangan pernah berhenti untuk mencoba, karena pada saat kita berhenti disitulah kita gagal!




Sumber:
  1.  http://bni.co.id/id-id/tentangkami/penghargaan.aspx
  2.  http://bni.co.id/id-id/tentangkami/corporatesocialresponsibility/achievement.aspx


 



4 comments:

  1. Wah bnyak banget penghargaan yg didapatkan, semoga ttp bsa mngeLuarkan inovasi2 dan ide2 cemerlang.

    "Saat kamu berhenti mencoba, saat itulah kamu gagal", nice quote.
    So, never give up, try..try..try.. not tired.

    ReplyDelete
  2. salut buat Bank BNI 46 yg memberikan apresiasi dan kesempatan buat para penulis dan blogger agar terus semangat berkarya dengan tulisan-tulisan mereka. smoga langkah ini bisa di ikuti oleh pihak-pihak lainnya..... :)

    ReplyDelete
  3. salut buat Bank BNI 46 yg memberikan apresiasi dan kesempatan buat para penulis dan blogger agar terus semangat berkarya dengan tulisan-tulisan mereka. smoga langkah ini bisa di ikuti oleh pihak-pihak lainnya..... :)

    ReplyDelete
  4. Super lengkap info dan reportasenya !
    Salam Persahabatan Dari ONE SM
    http://iwansmtri.blogspot.com/2015/07/kebersamaan-keluarga-bersama-bni.html

    ReplyDelete